RASTA MOF



Perkembangan masa kini sangatlah pesat dalam berbagai bidang mengikuti alur perkembangan jaman,
tak ketinggalan perkembangan dalam bidang seni khususnya MUSIK. Musik senantiasa memberikan nuansa seni yang mampu menggugah hati setiap insan yang ingin menikmatinya. Alunan rangkaian nada dan iringan musik akan memberikan nuansa tersendiri baik bagi player maupun si penikmat. Dengan bermain musik orang dapat menghibur diri dan orang lain serta dapat berkreatif, mengembangan ide, minat dan bakat serta kemampuan untuk berinisiatif.`Tidak semua insan tahu dan memiliki bakat yang lebih dalam bidang musik, tetapi bukan berarti hal tersebut merupakan harga mati baginya untuk tidak peduli bahkan sama sekali tidak menyukainya atau bahkan sungguh menjadi sesuatu yang cukup sebagai penghalang untuk perkembangan dirinya.
Tidaklah demikian pandangannya, karena musik memberikan nilai tambah untuk berinspirasi dan mampu membuat seseorang lebih berkreasi dalam membuat ide untuk bidang-bidang lain.
Aliran musik yang berkembang saat ini tanpa meninggalkan kode etik seni dan selalu memberi warna tersendiri baik bagi si pemusik maupun bagi mereka yang menikmatinya bahkan dapat membuat orang larut dalam kegembiraan dengan ekspresinya masing-masing. Perkembangan masa kini sangat mempengaruhi aliran musik mana yang paling cocok untuk saat ini. Itu berarti, sebagai pemusik dengan mempertahankan aliran apa saja harus lebih soul dan percaya diri dalam bereksistensi. Pertanyaannya warna/aliran mana yang cocok untuk saat ini? Tentunya banyak versi yang menjawab, terlebih bagi si penikmat bahwa aliran ini atau itu yang paling cocok.
Dalam bermusik,
keliru besar karena ada segelintir group dalam pentasnya membawa korban seperti yang sering kali terjadi dimana para fans menjadi korban kebrutalan penonton. Hal itu mungkin saja atas unsur kesengajaan atau kekeliruan yang dibuat baik oleh penonton maupun pihak penyelenggara. Yang harus dipikirkan bagaiaman mengatasi kejadian-kejadian seperti itu dan yang paling penting harus diingat adalah musik memberikan nuansa seni bukan nuansa kesedihan sebagai akibat dari kebrutalan manusia. Oleh karena itu mari kita mempertahankan eksistensi seni dalam bidang musik, bahu membahu, saling mendukung dalam berkreatif seingga sedikit demi sedikit menghapus berbagai pandangan miring tentang seni musik.
Dunia
sudah cukup tua dan semua itu tidak terlepas dari berbagai macam perkembangan dalam berbagai bidang yang senantiasa dikatakan dunia sudah maju. Berbagai teknologi dan penemuan hal baru selalu menjadi dasar bahwa dunia itu maju seiring perkembangan jaman.
Pe
rkembangan dunia saat ini tanpa meninggalkan seni sebagai salah satu wujud moralitas manusia untuk menunjukan keberadabannya, dengan mengekspresikan berbagai tuntutannya melalui bidang seni yang mampu memberikan sumbangsi berupa hiburan, khayalan, fantasi dan bagaimana ekspresi tersebut dinikmati baik diri sendiri maupun oleh orang lain, menggugah hati dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi berbagai kemajuan dunia sebagaimana telah diuraikan terdahulu.Musik merupakan salah satu daya dukung seni yang kita tahu bahwa saat ini berbagai niat, minat dan bakat dari setiap insan seni diwujudkan dalam berbagai aliran musik. Sudah sejak lama berbagai aliran musik berkembang mengikuti alur perkembangan jaman dan menunjukan hasil dimana musik sudah menjadi suatu kebutuhan lapisan masyarakat yang sifatnya memeberikan hiburan tersendiri.
Aliran musik
REGGAE merupakan salah satu aliran yang cukup melegenda dengan berbagai tantangan yang cukup ketat, sehingga aliran ini mampu menerobos tantangan ini dan masuk dalam nominasi aliran yang dapat merangkul seluruh aliran serta dapat menjadi hiburan dan inspirasi berbagai kalangan.
Awalnya berkumpul beberapa orang yang memiliki minat dan bakat dalam bidang musik, memiliki kesamaan pikiran, pandangan dan mulai dengan bermain musik hingga berniat untuk membentuk sebuah group band.
Group band ini diberi nama
Rasta MOF Band” sebagai cikal bakal dari para player dengan aliran Reggae terutama Reggae Blues & Roots. Mengapa aliran regaae yang dimainkan? Semua ini melalui asumsi bahwa musik Reggae merupakan sutu aliran musik yang mampu merangkul seluruh aliran lain dan alunan musiknya yang khas bisa membuat orang larut dalam suasana kegembiraan.
Sehubungan dengan itu, kami berkeinginan untuk menawarkan suatu format pertunjukan dan hiburan dengan karakter yang idealis sekaligus memberikan ciri khas “
R@ST@ MOF“ dengan aliran reggae blues & Roots.
Pada
hakekatnya kalangan banyak menilai musik dengan aliran Reggae identik dengan kelompok pemakai Narkoba, penuh dengan kemabukan, kemunafikan, menyatu dengan ganja/marijuana dan lainnya sebagai sebuah pandangan miring. Disinilah kita berkeinginan keras untuk mampu merubah pandangan demikian dan mempertahankan eksistensi Reggae sebagaimana telah diperkenalkan oleh sang legendaries BOB MARLEY. Kami juga menyadari bahwa aliran musik Reggae merupakan pula aliran musik pinggiran yang tidak terlalu banyak mendapat perhatian, namun semua itu tergantung dari diri para pemusik khususnya musik Reggae untuk lebih bekerja keras berkreasi demi eksistensinya, hingga hilang lenyap pandangan miring dan yang ada hanyalah sebuah seni, sesuatu yang indah dan perlu dinkmati oleh setiap orang sebagai sebuah kebutuhan.
R@ST@ MOF
Band terbentuk pada tanggal 1 April 2005 di kota pendidikan Yogyakarta yang mulanya hanya beberapa orang personil dan berkembang hingga membuahkan hasil yang cukup baik bagi setiap orang yang bergabung atau pernah bergabung dalam group band ini. Satu hal mendasar yang kami pertahankan adalah KEKOMPAKAN. Bagaimanapun jelek atau bagusnya sebuah permain dalam bentuk group, yang paling penting adalah mengutamakan kekompakan diatas skiil dan still. Semua ini karena banyak pengalaman bagaimana kita bekerja dalam suatu group dengan karakteristik yang berbeda dan bagaimana menyatukan ide tersebut. Tidak lain dengan semangat dan kompak yang dibutuhkan dalam group.
Dalam kalangan kami bahkan mungkin seantero Yogyakarta ini telah mendengar atau pernah mengikuti kiprah kami bahwa
R@ST@ MOF Band sudah cukup dikenal dan pernah memberikan sumbangan seni dalam aliran Reggae yang saat ini menjadi sebuah ajang seni yang boleh dikatakan memiliki reputasi yang cukup tinggi. Dengan tidak menyombongkan diri bahwa R@ST@ MOF Band hebat dan mampu bergaya, skill ok, tetapi disini kami menyatakan bahwa R@ST@ MOF Band biasa.

MAKSUD DAN TUJUAN

Setiap orang yang berkeinginan untuk membentuk kelompok tentunya tidak terlepas dari sebuah maksud dan tujuan. Hal yang sama ini dimiliki pula oleh R@ST@ MOF Band. Adapun maksud pembentukan R@ST@ MOF Band yakni ingin menyatukan ide, kreatifitas dalam bermain musik dengan aliran Reggae dalam group tertutama personil yang berasal dari daerah asal dan tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ingin bergabung dengan maksud yang sama.
Disamping itu R@ST@ MOF Band memiliki beberapa tujuan, antara lain:

Menyatukan ide para personil sehingga dapat mengembangkan kreatifitas, minat dan bakat dalam bermusik dengan mengedepankan kekompakan.
Menambah nuansa baru dan warna khas dalam perkembangan dan pertunjukan musik yang telah ada. R@ST@ MOF Band sebagai wadah yang menghimpun para personil untuk lebih matang dalam bermusik. Dapat bermusik secara terus menerus untuk menuju kepada suatu kematangan berkesenian. R@ST@ MOF Band dapat memberikan hiburan bagi masyarakat dari berbagai kalangan.

PROFILE

“R@ST@ MOF” memiliki arti dan filosofi tersendiri yang cukup mewakili daerah asal personil. Nama ini sengaja diberikan agar dapat mengangkat pula nama daerah serta minat dan bakat setiap personil dengan mengutamakan kekompakan sebagai landasan dasar. RASTA merupakan aliran musik yang diperkenalkan oleh sang legendaries reggae Bob Marley yang dapat membius para penggemar, sedangkan MOF adalah sebuah singkatan penerbangan yakni “Maumere Of Flores” asal muasal group band ini. Dalam perjalananannya, R@ST@ MOF berkembang menjadi umum dengan perubahan komposisi personil dari berbagai daerah, maka jadilah R@ST@ MOF ”Man Of Flores/Flowers” Dengan nuansa bunga kami bersatu, mempertemukan ide, jiwa kebersamaan dalam satu rumpun group yang tetap mengedepankan kompak dan kompak dan prinsip different colours, one love dan peace love.

Kegemaran bermain musik dari setiap personil untuk berkreasi dan berinspirasi sehingga membentuk sebuah jati diri serta komitmen yang sama dengan mengutamakan kekompakan untuk membentuk musik dengan irama reggae.

Cikal bakal R@ST@ MOF, aktivitas band hanyalah sebuah selingan di waktu senggang untuk mengekspresikan hobby, minat dan bakat, dengan dasar acuan lagu-lagu reggae terutama reggae blues baik lagu-lagu dari manca negara maupun domestik. Akhirnya disepakati untuk membentuk sebuah group band dengan aliran musik reggae dengan karakter yang idealis agar dapat diterima dan dinikmati oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

foto2_ny tolong di update dunk!!!
sekalian contact person personil yea,,
thankz b4


Claudya